Image of Melaksanakan PTK itu mudah ( Classroom action research) pedoman praktis bagi guru profesional

Text

Melaksanakan PTK itu mudah ( Classroom action research) pedoman praktis bagi guru profesional



Kehadiran buku ini didasari pertimbangan berikut. Selama ini guru-guru sudah sering mendapatkan teori penelitian tindakan kelas (PTK) lewat berbagai forum seminar dan/atau lokakarya yang berlabel “PTK” tetapi sebagian besar di antara mereka tetap saja kurang – bahkan tidak – dapat melaksanakan PTK sesuai dengan yang diharapkan. Biangnya adalah materi yang dibicarakan dalam forum ilmiah “bergengsi” tersebut masih berkutat pada tataran teoretis dan belum menyentuh kebutuhan praktis. Akibatnya, ketika mereka dihadapkan padan langkah-langkah konkret apa yang harus dilakukan ketika melaksanakan PTK, mereka tetap saja dirundung kecanggungan dan kebingungan.
Kedua, ketika lima tahun terakhir ini penulis dimintai bantuan oleh sekelompok guru untuk melakukan pendampingan pelaksanaan PTK, mereka ternyata dapat melaksanakannya dengan lancar mulai pada tahap perencanaan, pelaksanakan, sampai pada tahap pelaporan. Keberhasilan ini bukan karena penulis ikut campur dalam pelaksanaannya, tetapi hanyalah memberikan saran-saran konkret apa yang harus mereka lakukan setiap tahapan PTK. Akibat lanjutnya adalah para guru yang sebelumnya kepangkatan mereka macet pada golongan IVA sekarang naik menjadi IVB, bahkan empat tahun berikutnya menjadi IVC. Kelancaran ini karena syarat utama yang berupa karya PTK mendapatkan nilai maksimal dari Tim Penilai Provinsi atau Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan LPMP) Provinsi.
Sebagai bagian dari kewajiban moral, pengalaman keberhasilan pendampingan tersebut perlu penulis tularkan kepada para guru yang selama ini mendambakan keberhasilan pelaksanaan PTK. Apakah karena mereka dilatarbelakangi oleh kemacetan kenaikan pangkat atau memang ingin menjadi sosok guru yang profesional karena selalu ingin meningkatkan keberhasilan dalam kegiatan instruksionalnya. Atas pertimbangan itulah, buku bertajuk Melaksanakan PTK itu Mudah ini disusun. Semoga upaya ini ada guna dan manfaatnya bagi para “pahlawan pendidikan” demi masa depan anak bangsa.


Ketersediaan

12001952371.207 Mus mTersedia
12001953371.207 Mus mTersedia
12001954371.207 Mus mTersedia
12001955371.207 Mus mTersedia
12001956371.207 Mus mTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.207 Mus m
Penerbit Bumi Aksara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 289 p. : ilus. ; 23 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
979-010-555-X
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this