Image of Penemuan hukum oleh hakim : dalam perspektif hukum progresif

Text

Penemuan hukum oleh hakim : dalam perspektif hukum progresif



Penegakkan hukum di Indonesia saat ini, dinilai tidak mencerminkan keadilan dan tidak berpihak pada masyarakat luas. Sorotan tajam ditujukan kepada aparat penegak hukum, yaitu polisi, jaksa, hakim serta advokat, yang dipersalahkan sebagai penyebab merosotnya kewibawaan hukum.
Undang-undang sebagai salah satu pedoman hakim dalam memeriksa, mengadili dan menjatuhkan putusan, kadangkala belum ada, tidak lengkap atau tidak jelas, sehingga hakim dituntut untuk menemukan, melengkapinya atau mencari kejelasan akan ketentuan hukumnya, dengan mencari, menggali atau mengikuti nilai-nilai hukum dan keadilan yang hidup dalam masyarakat, sehinga putusan hakim akan mereflesikan rasa keadilan dan kebenaran serta membawa kemaslahatan bagi masyarakat luas, bangsa dan negara.

Putusan hakim yang baik, seharusnya dapat mereflesikan rasa keadilan, kebenaran dan yang dapat membawa kemaslahatan bagi masyarakat luas, bangsa dan negara. Selain itu hakim harus berpandangan visioner, agar putusan-putusannya tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman.

Pembaca buku ini, akan diajak untuk memahami sekitar problematika yang dihadapi hakim dalam menjatuhkan suatu putusan, dan bagaimana hakim berusaha melakukan penemuan hukum untuk melengkapi ketentuan hukum yang belum ada, tidak lengkap atau tidak jelas atau adanya konflik antara ketentuan hukum yang satu dengan ketentuan hukum yang lainnya.


Ketersediaan

12001212340 Rif pTersedia
12001213340 Rif pTersedia
12001214340 Rif pTersedia
12001215340 Rif pTersedia
12001216340 Rif pTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
340 Rif p
Penerbit Sinar Grafika : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xviii, 298 p.; 23 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
978-979-007-317-3
Klasifikasi
340
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this