No image available for this title

Text

Politik pembangunan: sebuah analisis konsep, arah dan strategi



ADA banyak model pembangunan kita kenal. Apa pun pilihan yang diambil membawa konsekuensi-konsekuensi tersendiri. Karena itulah, orang pun lantas tidak bisa lagi bicara dalam bahasa “hitam-putih’ baik-buruk atau salah-benar melainkan Sekadar mempersoalkan sejauh mana relevansi suatu model dalam perspektif permasalahan yang berkembang. Ada kalanya, model pertumbuhan (Growth Model of National Development) suatu ketika begitu dimitoskan dan pada suatu ketika yang lain dituntut perubahan-perubahan orientasi yang mendasar. Bab pertama buku ini yang diberi titel “Citra Pembangunan dalarn Perspektif Diakronis, menganalisis pergeseran arah dan strategi pembangunan nasional kita dengan pendekatan- pendekatan kerangka konsepsional pembangunan di negara dunia ketiga, secara ringkas dan padat.
Dua bab berikutnya, “Masalah dan Tantangan Pembangunan Masyarakat serta “Pendekatan dan Konsep Pembangunan Soslal”, lebih merupakan pengkayaan dan gagasan-gagasan yang telah dipaparkan sebelumnya. Bab-bab terakhir di bagian kedua, di bawah pokok bahasan “Efisiensi dalam Birokrasi”, ‘Perencanaan Pembangunan dan Ketahanan Nasional”, serta Pernbangunan dan Ketenagakerjaan”, penulis buku ini sebagai ahli administrasi negara mengajak kita untuk menyimak segi-segi yang sangat krusial dalam politik pembangunan Orde Baru. Secara keseluruhan dalam buku ini kita diajak mengarungi samudra khasanah teori dan akar masalah pembangunan — dalam wawasan yang lebih umum — menuju arah yang lebih berwajah manusiawi.
.... Dari pemikiran tokoh gerakan rekonstruksi desa di Cina awal abad ini Y.C. Yen, hingga Irma Adelman, G. Myrdall, Dudley Seers, Mahbub ul Haq, Denis Goulet, Ivan lllich, Diana Conyers, David C. Korten dan para pakar lainnya yang sudah amat kita kenal reputasinya seperti Sumitro, Sudjatmoko. Mubyarto, Hendra Esmara dan lain-Iainnya dapat Anda jumpai dalam kesatuan anallsis penulis Politik Pembangunan ini. Sungguh, buku ini sangat membantu para mahasiswa ilmu-ilmu sosial untuk memasuki arus pemikiran masa kini di dalam memahami persoalan-persoalan pembangunan, di samping tentu saja sangat bermanfaat bagi para pengamat pembangunan pada umumnya.


Ketersediaan

09001678361.61 Mul pPerpustakaan IndukTersedia
09001679361.61 Mul pPerpustakaan IndukTersedia
09001680361.61 Mul pPerpustakaan IndukTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
361.61 Mul p
Penerbit PT. Tiara Wacana : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
21 cm. ; xiii, 131 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
361.61
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this