No image available for this title

Text

Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan



Manajemen stratejik yang diterapkan dalam manajemen sekolah menjadi kunci efektifnya pelaksanaan program dan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan dan adanya peningkatan mutu secara terus menerus. Salah satu upaya yang hangat kini ditempuh para pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan mutu manajemen pendidikan khususnya di sekolah adalah penerapan manajemen berbasis sekolak mengacu pada standar pelayanan minimal. Namun kenyataannya sekolah dihadapkan pada birokrasi yang lebih mengedepankan pendekatan birokratik dalam memberikan layanan kepada sekolah sebagai lembaga, sehingga prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah demokratis, kreatif, inovatif, akuntabel dan transparan belumlah dapat dipenuhi sebagaimana yang diharapkan.

Buku ini memberi penjelasan tentang “manajenien strategik dalam peningkatan mutu pendidikan” khususnya pada manajemen sekolah dan posisinya dalam mencapai tujuan pendidikan sebagai bagian dari peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Manajemen strategik yang diterapkan di sekolah akan mendorong suasana demokratis, kreaktif, inovatif, akuntabel dan transparan semakin menjadi budaya manajemen sekolah. Budaya manajemen sekolah yang demikian ini akan lebih menampakkan jatidirinya, jika para birokrat pendidikan pada pemerintahan memposisikan diri untuk memfasilitasi semangat budaya tersebut.

Apa yang disajikan dalam buku ini membahas secara mendalam mengenai problematika administrasi dan manajemen sekolah, konsep dasar administrasi sekolah, konsep dasar manajemen sekolah, organisasi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan, strategi sekolah, menggunakan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu, penilaian kinerja sekolah, manajemen pembiayaan dalam organisasi sekolah, dan partisipasi masyarakat terhadap sekolah. Buku ini layak dibaca terutama oleh para pengambil kebijakan
pendidikan, pimpinan lembaga pendidikan, pemerhati manajemen pendidikan, mahasiswa yang menaruh perhatian pada pendidikan, para peneliti pendidikan, dan masyarakat luas yang menaruh minat pada pendidikan.


Ketersediaan

09001781Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2011-12-27)
09001782Tersedia
09001783Tersedia
09001784Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 / Sag / m
Penerbit Alfabeta : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xi, 274 hlm., 24 cm. ; ilus.
Bahasa
ISBN/ISSN
978-979-8433-20-7
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this