Image of Rethinking school: cara jitu membuat sekolah tetap bertumbuh di era disruptif

Text

Rethinking school: cara jitu membuat sekolah tetap bertumbuh di era disruptif



Saat ini kita tengah memasuki sebuah era baru, era yang sering disebut-sebut sebagai era industri 4.0 atau era digital. Sebagian para ahli menyebut era ini dengan istilah era disruptif, jujur saya lebih senang menggunakan istilah tersebut, ketimbang istilah lainnya. Namun, apa pun nama yang Anda sematkan, tidak akan mengubah kenyataan bahwa di era ini, teknologi berhasil menggeser cara-cara konvensional menuju sistem digitalisasi.

Era disruptif menginisiasi lahirnya model bisnis baru dengan strategi lebih kreatif dan inovatif. Anda butuh hotel, tinggal pesan melalui gawal Anda. Ketika Anda lapar, sekali klik saja maka layanan jasa antar makanan akan menghampiri rumah atau kantor Anda. Bukan hanya itu saja, kita juga melihat hilangnya para petugas pemungut biaya jasa jalan tol yang perannya digantikan dengan chip e-toll.

Dengan semua fenomena yang ada pertanyaannya, apa yang perlu dilakukan sekolah untuk menyiapkan generasi-generasi yang mampu beradaptasi di era disruptif? Guru sebagai garda terdepan memiliki andil besar, guru harus mulai merubah perannya menjadi seorang fasilitator bukan lagi sebagai sumber ilmu bagi siswa-siswanya. Guru harus mendorong dirinya membuat konten-konten berbasis virtual. Hal ini menjadi salah satu langkah strategis membiasakan siswa memasuki dunia digital. Jika semua ini diabaikan, malah guru akan terdisrupsi dengan hadirnya kelas online yang menyiapkan beragam fasilitas pembelajaran yang lebih fleksibel dan lebih sesuai kebutuhan siswa.

Buku akan mengajak para pembaca berbicara tentang dahsyatnya era disruptif terhadap dunia pendidikan dan sekolah. Juga akan berbagi kiat-kiat tentang bagaimana cara menyiapkan sekolah agar tetap bertumbuh di tengah-tengah digitalisasi data.


Ketersediaan

M240116371.442 ASR rPerpustakaan PascasarjanaTersedia
M240117371.442 ASR rPerpustakaan PascasarjanaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.442 ASR r
Penerbit Andi Offset : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xviii, 166hlm; 25cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-01-1469-4
Klasifikasi
371.442
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this