Image of Manifesto fiqih baru 1: memahami diskursus al-Qur'an

Text

Manifesto fiqih baru 1: memahami diskursus al-Qur'an



Dalam tradisi Islam, fiqih menjadi salah satu disiplin ilmu yang menyentuh berbagal aspek kehidupan baik yang berdimensi spiritual maupun sosial. Tetapi, sejauh mana fiqih dapat beradaptasi dan merespons perkembangan-perkembangan sosial kontemporer? Di sinilah, Jamal al-Banna menggagas model fiqih modern yang bisa memberi inspirasi dalam pembaruan sosial sesuai dengan paradigma kebangkitan umat.

Al-Banna menginginkan fiqih yang lebih populis, humanis, inklusif, tidak diskriminatif dan konservatif. Suatu paradigma fiqih yang tidak hanya membahas masalah ibadah atau hanya mengedepankan hudud misalnya tentang qisas, rajam, dan potong tangan, tetapi leblh menawarkan solusi atas persoalan-persoalan modern yang dihadapi umat. Lebih dari itu, al-Banna menginginkan agar fiqih baru dapat memberi ruang gerak yang lebih leluasa kepada perempuan dalam ranah publik, bukan seperti fiqih konservatif yang mengekang kaum perempuan dalam ruang domestik.

Di dalam buku ini, al-Banna menyuguhkan pemahaman tentang kebebasan otentik, kesejarahan fiqib, perbedaan antara akidah, syariat, dan fiqih serta pembahasan tentang diskursus Al-Qur’an.

Menelaah gagasan dan pemikiran-pemikiran progresif Jamal al-Banna yang dituangkan dalam buku ini, akan membangunkan kesadaran kita untuk merekonstruksi landasan pemahaman tentang fiqih melalui suatu pendekatan Al-Quran, al-Sunnab, dan ijtihad.


Ketersediaan

11003072297. 64 AlB mRuang PengolahanTersedia
11003073Tersedia
11003074Tersedia
11003075297. 64 AlB mRuang PengolahanTersedia
11003076Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297. 64 AlB m
Penerbit Erlangga : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxi, 210 hlm.; 23 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
978-979-033-256-0
Klasifikasi
297. 64
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this