Image of Filsafat Islam: sebuah kajian tematik

Text

Filsafat Islam: sebuah kajian tematik



Islamic philosophy is islamic not only by virtue of the fact that it was cultivated in the Islamic world and by Muslims, but because it derives its principles, inspiration and many of the questions with which it has been concerned from the sources of islamic revelation. Statemen Seyyed Hossein Nasr tersebut menegaskan bahwa filsafat Islam bercorak Islam bukan hanya karena ia dibudidayakan di Dunia Islam dan dikonstruksi oleh kaum Muslim, melainkan juga karena menguraikan prinsip-prinsip dan menimba inspirasi dari sumber-sumber wahyu Islam, serta menangani banyak persoalan dengan sumber-sumber itu. Karenanya filsafat Islam sejatinya merupakan filsafat profetik (prophetic philosophy) yang berupaya melakukan penyempurnaan atas kapasitas akal, mental, sekaligus jiwa manusia secara terus menerus. Dengan demikian, filsafat Islam mampu membawa pencerahan terhadap fakultas intelektual, emosional, mental, sekaligus spiritual yang berada dalam diri manusia.

Sebagaimana judulnya, Filsafat Islam: Sebuah Kajian Tematik, buku ini memperbincangkan Filsafat Islam dalam berbagai dimensinya dengan menggunakan pendekatan tematik. Lazimnya buku-buku filsafat Islam yang beredar di kalangan mahasiswa, hanya membahas filsafat Islam secara historis-sosiologis, perkembangannya, para tokoh dan konsep-konsepnya secara global. Sehingga konsep-konsep filsafat Islam secara tematik semacam Filsafat Ketuhanan dan perdebatannya dengan konsep-konsep materialisme, Filsafat Rasionalisme Islam atau epistemologi burhani, Filsafat Mistikal atau epistemologi irfani, Filsafat Manusia, Filsafat Pendidikan Islam, Filsafat Politik Islam, Filsafat Sains Islam, dan Filsafat Sejarah Islam yang diformulasikan oleh sebagian ilmuwan atau filosof Muslim tidak tersentuh secara utuh, melainkan hanya secara sekilas saja.

Dengan alasan tersebut, tulisan ini berupaya melengkapi kekurangan tema-tema yang belum dibahas sebelumnya dan mengelaborasi filsafat Islam secara tematik dengan memfokuskan pada bagian-bagian filsafat Islam yang mencakup Filsafat Rasionalisme Islam, Filsafat Ketuhanan, Filsafat Manusia Perspektif Al-Quran, Filsafat Mistikal, Filsafat Pendidikan Islam, Filsafat Politik Islam, Filsafat Sains Islam, dan Filsafat Sejarah Islam. Dengan demikian, kehadiran buku ini cukup signifikan dalam membuka cakrawala pemikiran mahasiswa terhadap wacana filsafat Islam secara tematik.


Ketersediaan

16001230181.07 Zap fPerpustakaan IndukTersedia
16001231181.07 Zap fPerpustakaan IndukTersedia
16001232181.07 Zap fPerpustakaan IndukTersedia
16001233181.07 Zap fPerpustakaan IndukTersedia
16001234181.07 Zap fPerpustakaan IndukTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
181.07 Zap f
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii, 277 hal/25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-769-638-2
Klasifikasi
181.07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this