Image of Kinerja guru

Text

Kinerja guru



Kinerja guru di madrasah ditentukan oleg faktor supervisi kepala madrasah, pemahaman terhadap kurikulum serta iklim kerja yang tercipta di madrasah. Kinerja guru mempengaruhi mutu madrasah. Mutu Madrasah Aliyah masih rendah sehingga terpinggirkan dibandingkan dengan lembaga pendidikan non Islam dan lembaga pendidikan yang dikelola Depdiknas/Dinas Pendidikan.

Penelitian tentang supervisi kepala sekolah, pemahaman guru terhadap kurikulum, iklim kerja, dan kinerja guru baik penelitian-penelitian terdahulu maupun penelitian-penelitian terkini perlu dipelajari dan dicermati untuk dijadikan masukan bagi perbaikan mutu pendidikan pada madrasah.

Kinerja guru dipengaruhi oleh pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui supervisi. Supervisi merupakan faktor ekstrinsik yang berkontribusi secara signifikan terhadap motivasi kerja, prestasi, dan profesionalisme guru.

Suasana belajar sekolah dengan faktor-faktor yang ada didalamnya ditemukan hubungan positif dan pararel antara iklim belajar sekolah dengan efektivitas sekolah. Efektivitas suatu sekolah dalam praktiknya dapat dilihat dari beberapa aspek yang meliputi : iklim belajar, penguatan kemampuan dasar peserta didik, terpenuhinya harapan guru, administrasi kepemimpinan dan sistem umpan balik dalam penilaian kemajuan akademik.

Pemahaman guru terhadap kurikulum mempengaruhi kinerja guru. Guru dituntut memiliki pemahaman serta kemampuan menjabarkan, mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum. Pmahaman kurikulum adalah kemampuan membedakan, memperluas, menerangkan, menyimpulkan, memberi contoh, mengklasifikasikan konsep-konsep kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.


Ketersediaan

16000100371.1 Sup kTersedia
16000101371.1 Sup kSedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2020-03-20)
16000102371.1 Sup kTersedia
16000103371.1 Sup kTersedia
16000104371.1 Sup kTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.1 Sup k
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii, 316 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-769-607-8
Klasifikasi
371.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this