Image of Audit sektor publik: suatu pengantar

Text

Audit sektor publik: suatu pengantar



Tidak bisa dipungkiri, bahwa semangat good govermance dan tuntutan akuntabilitas yang luar biasa sejak pelaksanaan otonomi daerah harus sejalan dengan keberadaan lembaga, aturan, dan sistem yang sehat dalam hal pemeriksaan pengelolaan aset negara. Sebagai instuisi dan kinerja organisasi publik mutlak harus dikontrol dan diverifikasi. Kredibilitas lembaga pengawas (BPKP) dan lembaga pemeriksa (BPK) sangat dipengaruhi oleh keberadaan dan ditaatinya berbagai aturan dan standar yang menjadi pijakan kerjanya.

Buku ini adalah salah satu dari sedikit buku yang membahas tentang upaya menciptakan pemerintahan yang akuntabel, yang memenuhi kriteria good govermance. Selain membahas tentang hal-hal seputar pengawasan dan pemeriksaan sektor publik (mulai dari kode etik, standar, dan aturan perilaku), buku ini juga dilengkapi dengan beberapa pendekatan yang dapat dilakukan dalam pengukuran kinerja organisasi sektor publik (misalnya value for money, analisis keuangan, dan balanced score card).

Pada bagian akhir buku ini ditampilkan potret dari praktik evaluasi di beberapa negara, audit key performance indicators, dan pedoman audit partai politik dan dana kampanye (baik kampanye pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden).

Buku ini perlu dibaca oleh mahasiswa Jurusan Akuntansi (Fakultas Ekonomi), mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan (FISIP), mahasiswa Jurusan Keuangan Negara, mahasiswa Fakultas Hukum, akademisi, staf/pegawai di lembaga-lembaga pengawasan dan pemeriksa, juga para peminat dan pemerhati praktik good govermance di Indonesia. Semoga bermanfaat.


Ketersediaan

14002897657.61 Ulu aTersedia
14002898657.61 Ulu aTersedia
14002899657.61 Ulu aTersedia
14002900657.61 Ulu aTersedia
14002901657.61 Ulu aTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
657.61 Ulu a
Penerbit Bumi Aksara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xv, 452 hlm.; ilus.; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-010-562-1
Klasifikasi
Teknologi/Terapan
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this