Image of Agenda setting media massa

Text

Agenda setting media massa



Salah satu aspek yang paling penting dalam konsep penentuan agenda adalah peran fenomena komunikasi massa, berbagai media massa memiliki penentuan agenda yang potensial berbeda termasuk intervensi dari pemodal

Agenda setting merupakan pemikiran yang menyatakan bahwa media tidak mengatakan apa-apa yang orang pikirkan tetapi apa yang harus dipikirkan. Sejarah agenda setting sebenarnya sudah ada sejak lama tanpa ada yang memperkenalkan terlebih dahulu, namun sudah dipraktikkan oleh media massa khususnya media cetak koran atau majalah di era Penny Press.

Dalam buku Agenda Setting Media Massa, Apriadi Tamburaka menjelaskan lebih detail bagaimana sejarah praktik agenda setting tersebut dengan mengungkapkan beberapa contoh-contoh yang ada. Mulai dari penelitian Chape Hill, Charlotte serta Shanto Iyengar. Dari beberapa penelitian tersebut tampaknya memang berhasil menemukan bukti akan adanya keterkaitan media dalam "mengolah" pemberitaan menjadi sebuah agenda yang mempunyai tujuan. Karena itulah media dinilai memiliki kekuatan besar dalam melakukan setting di tengah-tengah masyarakat.

Buku ini tidak hanya bicara kasus luar negeri, tetapi juga kasus-kasus dalam negeri yang memang dinilai memiliki agenda yang awalnya hanya berupa isu namun karena dikemas dengan cukup baik dan apik sehingga memberi pengaruh baik positif dan negatif kepada masyarakat. Isu yang dikemas bisa jadi persoalan politik, kebijakan, penampilan, dan sebagainya.

Ada sembilan bab yang mengisi buku ini. Mulai dari pemahaman akan kerangka teoretis mengenai agenda setting, komunikasi massa, hingga ke persoalan agenda setting dalam konstruksi berita jurnalistik. Diharapkan dengan memahami agenda setting media massa ini, masyarakat tahu hendak dibawa ke mana mereka. Sehingga ada penyaringan-penyaringan yang selektif yang dilakukan masyarakat dalam melihat agenda setting yang dilakukan media.

Tentu saja, buku ini sangat penting untuk dibaca terutama para mahasiswa komunikasi, jurnalis, politisi, kritikus media massa dan juga masyarakat, karena sangat membantu memahami apa itu agenda setting.


Ketersediaan

14000963302.23 Tam aTersedia
14000964302.23 Tam aTersedia
14000965302.23 Tam aTersedia
14000966302.23 Tam aTersedia
14000967302.23 Tam aTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
302.23 Tam a
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 178p.; 21cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-769-417-3
Klasifikasi
300
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this