Image of Islamic leadership: membangun superleadership melalui kecerdasan spiritual

Text

Islamic leadership: membangun superleadership melalui kecerdasan spiritual



Melalui buku ini, dapat membentuk pemimpin yang arif dan bijaksana sepertihalnya kepemimpinan Rasullullah.   

Setiap individu adalah pemimpin, tapi tidak semua pemimpin mampu menjadi pemimpin yang dapat mengayomi orang. bahkan termasuk juga pada dirinya sendiri.

Meskipun pada hakekatnya bakat kepemimpinan itu bisa berasal dari dalam dirinya (bawaan) dan ada pula yang berasal dari luar dirinya (terbentuk oleh lingkungan atau pendidikan).

Terlepas dari itu, bakat kepemimpinan yang ada dalam diri harus terus dikembangkan sehingga bakat kepemimpinan itu bisa lebih baik dan mampu mengarahkan seorang yang dipimpinnya dapat menjadi pemimpin dalam dirinya.

Inilah suatau gagasan atau metode dalam meciptakan pemimpin super yang disajikan dalam buku berjudul. “Islamic Leadership Membangun SuperLeadership Melalui Kecerdasan Spiritual”.

Buku tersebut tidak sekadar mengajarkan teori-teori namun juga memberikan contoh pemimpin besar dieranya sehingga menjadi pemimpin yang dikenang sepanjang massa yaitu, Rasulullah Muhammad.

Karenanya, penulis mengambil rujukan untuk dijadikan sebagai landasan dan acuan dari al-quran dan hadist. Tapi, untuk memperkaya pemahaman penulis juga menyesuaikan dengan perkembangan jaman dengan cara mengambil contoh pemikiran-pemikiran lain.   

Penulis juga mendiskripsikan berbagai macam tipe kepemimpinan dari abad ke abad yang tidak hanya sekadar sebagai perbandingan melainkan sebagai rujukan untuk menyesuaikan cara pandang dan pola pemikir yang baik.   

Buku yang disajikan dengan berbagai rujukan agama, memang mengarahkan kepada umat muslim untuk senantiasa menjadikan panutan terhadap Muhammad yang sekaligus menjadi idola guna  menciptakan pemimpin yang tidak hanya mengerti menegerial kepemimpinan. Namun lebih dari itu, harus mempunyai akhlak yang baik, dan jiwa besar.  

Konsep untuk menjadi pemimpin yang super dielaborasikan dengan persoalan yang biasa dihadapi pemimpin yaitu, masalah mengendalikan emosi. Dan sering kali, masalah ini yang menjadi kendala untuk menjadi pemimpin yang baik.    

Namun, penulis tidak menjadikan masalah itu menjadi besar.
Nyatanya,  emosi tidak sepenuhnya menjadi hal yang menakutkan dan dapat menghambat kepemimpinan. Penulis mengatakan, bila pesan emosi itu bisa dihargai dan diarahkan maka akan menjadi lebih baik sebab emosi itu adalah rangsangan bagi pikiran untuk menghadapi persoalan. 

Caranya, metodenya seperti apa? Penulis dalam buku ini menjawab dengan penuh kesempurnaan dan berdasarkan nash-nash yang ada dalam al-quran dan hadist, di mana salah satunya adalah menggunakan peran spiritual seperti berpuasa dan lain-lain.   

Karenanya untuk menjadi pemimpin yang super tidak hanya menggunakan kecerdasan akal, otot yang kuat melainkan harus didukung dengan kemampuan serta kecerdasan spiritual yang dimilikinya. 

Pada bagian lain penulis juga mengingatkan bahwa seorang pemimpin yang baik harus menunjukkan kepedulian terhadap orang lain, memberikan kesempatan, dan mendorong terwujudnya tujuan yang dicita-citakan. 

Nah, bagaimana menemukan konsep kepemimpinan yang dianjurkan oleh Islam, dan bagaimana konsep kepemimpinan rasulullah serta bagaimana cara untuk mengimplementasikan konsep kepemimpinan rasuluallah dapat ditemukan melalui buku ini. 

Menariknya, lingkup atau konsep kepemimpinan yang ditawarkan dalam buku ini tidak hanya untuk dipergunakan dalam situasi sebagai pemimpin suatu bangsa, tidak juga sebagai posisi bos dalam perusahaan.

Namun pada intinya, buku ini mengajarkan dan bertujuan untuk menciptakan seorang pemimpin untuk dapat berbuat sesuatu dalam  meningkatkan dan membebaskan self-leadership pada orang lain. Dengan demikian, manfaat dari pada ajaran yang ada dapat dijadikan sebagai rujukan dalam memimpin sebuah forum-forum tertentu.    

Dalam kontek kebangsaan, buku ini sekiranya wajib dibaca oleh para pemimpin elit politik untuk sebisanya dijadikan renungan, intropeksi diri dalam menghadapi keterpurukan bangsa dan aneka macam persoalan yang dihadapi republik akhir-akhir ini.  


Ketersediaan

14000723297.61 Riv iRuang PengolahanTersedia
14000724297.61 Riv iRuang PengolahanTersedia
14000725297.61 Riv iPerpustakaan IndukTersedia
14000726297.61 Riv iPerpustakaan IndukTersedia
14000727297.61 Riv iPerpustakaan IndukTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297.61 Riv i
Penerbit Bumi Aksara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xx, 664 p.; 23cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-010-641-3
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this