Image of Dasar-dasar perencanaan ruang

Text

Dasar-dasar perencanaan ruang



Perencanaan ruang bukan merupakan proses sederhana yang hanya melibatkan satu kategori informasi, melainkan merupakan proses kompleks yang melibatkan banyak kategori informasi yang berkaitan dengan organisasi dan konstruksi bangunan. Proses tersebut dimulai dari analisis program dan penggunaan prinsip-prinsip kode bangunan hingga teknik kontrol lingkungan dan pengembangan kualitas spasial yang diinginkan

Mayoritas pekerjaan perencanaan ruang profesional terletak di dalam struktur yang sudah berdiri, bukan perencanaan ruang interior bangunan baru yang masih dalam tahap penggambaran. Perencanaan ruang untuk bangunan baru yang masih berupa gambar merupakan pekerjaan yang membutuhkan pengalaman dalam perencanaan struktur dan batas bangunan, dengan demikian membutuhkan kemampuan dan pengetahuan tambahan.

Buku ini membahas semua teknik dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk membuat desain untuk proyek-proyek perencanaan ruang baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil. Dalam buku ini, pengarang menjelaskan secara runut dan bertahap bagaimana menggunakan matriks dan diagram untuk memvisualisasikan proses analisis ruang dengan lengkap, termasuk bagaimana memanfaatkan diagram bubble dan blok plan untuk menyusun spasial yang dapat dilaksanakan di lapangan. Adapun fitur yang terdapat dalam buku ini antara lain: Pembahasan mengenai peluang-peluang pemanfaatan CAD dalam proses perencanaan; Beragam latihan untuk meningkatkan keahlian dalam merencanakan ruang; Ilustrasi-ilustrasi yang menunjukkan desain yang mengakomodasi kepentingan kaum cacat (sesuai ketentuan Americans with Disabilities Act (ADA)).

Lengkap membahas setiap pertimbangan yang perlu dipikirkan para desainer di setiap tahap, seperti persyaratan kode bangunana dan pengawasan lingkungan, buku ini merupakan refernsi belajar yang sangat berharga bagi para praktisi dan profesional yang bekerja dalam bidang desai interior, arsitektur, manajemen fasilitas, dan manajemen konstruksi. Para mahasiswa yang menekuni bidang-bidang ini pun dapat menjadikan buku ini sumber pengetahuan yang praktis dan berguna.


Ketersediaan

12003639729 Kar dTersedia
12003640729 Kar dTersedia
12003641729 Kar dTersedia
12003642729 Kar dTersedia
12003643729 Kar dTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
729 Kar d
Penerbit Erlangga : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
vi, 174 p. : ilus. ; 23 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
978-979-015-675-3
Klasifikasi
729
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this