Image of Shadaqah: cara islam mengentaskan kemiskinan

Text

Shadaqah: cara islam mengentaskan kemiskinan



Pembahasan dalam buku ini tidak menjelaskan tentang ekonomi Islam secara menyeluruh, sebab cakupan dari ekonomi Islam sangatlah luas yan menyangkut beberapa aspek. Adapun pembahasan dalam buku ini, hanya sebagian tertentu saja dari ekonomi Islam. Yaitu hal-hal yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan, perlindungan hak-hak orang miskin, jaminan kebutuhan mereka dan menjaga kedudukan atau kehormatan mereka dalam masyarakat Islam dan dalam syariah Islam.
DR. Yusuf Qadhawi (untuk selanjutnya disebut sebagai penulis), dalam buku ini berpendapat bahwa problem kemiskinan dan problematika perekonomian secara umum telah menempati ruang yang luas dalam hati masyarakat dan dijadikan alat oleh kelompok tertentu untuk mempengaruhi mereka dengan berpura-pura membantu kaum du’afa. Agenda buruk ini terbantu oleh bodohnya orang Islam dan terpengaruhnya mereka dengan propaganda yang menyesatkan itu.
Padahal dalam Islam, solusi pengentasan kemiskinan sudah menjadi ‘kewajiban’ bagi seluruh orang Islam, bukan sebaliknya memanfaatkan hal tersebut demi kepentingan pribadi saja. Islam memberikan sebuah ajaran tentang pembelaan terhadap kaum yang lemah, termasuk di dalamnya orang miskin, bahkan hal ini menjadi misi utama dalam Islam sejak pertama kali turun. Solusi Islam dalam pengentasan kemiskinan yang dipaparkan oleh penulis dalam buku ini, telah disesuaikan dengan sumber hokum Islam yang murni, al-Qu’an dan as-Sunnah, juga ada pendapat para ulama mujtahid.
Dalam buku ini pembaca juga akan mengetahui, bahwa pandangan Islam atas masalah kemiskinan dan cara pengentasannya, demikian pula perhatian terhadap hak-hak fakir miskin, pemberian jaminan kebutuhan mereka secara materiil dan immaterial, telah menjadikan Islam faham yang paling sempurna dari faham-faham lain yang diwacanakan di belahan dunia manapun. Selain itu penulis juga mengatakan bahwa ada kesalahan fatal jika menghubungkan Islam dengan salah satu faham tersebut. Karena Islam mempunyai sudut pandang sendiri mengenai kehidupan, kemanusiaan, pekerjaan, harta benda pribadi dan masyarakat.


Ketersediaan

12000712297.54 Qar sTersedia
12000713297.54 Qar sTersedia
12000714297.54 Qar sTersedia
12000715297.54 Qar sTersedia
12000716297.54 Qar sTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297.54 Qar s
Penerbit PT Remaja Rosdakarya : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xii, 204 p.; ilus.; 25 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
978-979-692-743-2
Klasifikasi
297.54
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this