Image of Berpikir kritis: sebuah pengantar

Text

Berpikir kritis: sebuah pengantar



Buku ini bertujuan mengembangkan ketrampilan berpikir kritis dengan mengajarkannya secara eksplisit, langsung dan khusus. Hal ini karena berpikir kritis sekarang dipandang luas sebgai suatu kompetensi dasar, seperti membaca dan menulis, yang perlu dikuasai. Berpikir Kritis semakin luas dipandang perlu, terlebih ketika metode PBL (Problem-Based Learning) kian gencar diterapkan.

Sebagai contoh, di Fakultas Kedokteran dan Keperawatan, istilah Clinical Reasoning (Penalaran Klinis) sering dipakai bersamaan dengan istilah Berpikir Kritis; di Fakultas Hukum, Berpikir Kritis sering dibahas khusus dalam suatu kuliah umum karena dapat membantu menghasilkan argumen yang tajam; di Fakultas Teknik, istilah Architectural Reasoning kerap dikaitkan dengan berpikir kritis. Berpikir Kritis juga tengah dikampanyekan pemerintah. Dirjen Dikti setiap tahun menyelenggarakan KPKM (Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa) untuk mengkritisi kebijakan (atau rancangan kebijakan) pemerintah.

Masyarakat umum dan profesional juga dapat menggunakan buku ini karena berpikir adalah aktivitas yang dilakukan semakin intens oleh kita semua, terlebih di era informasi, dimana kehidupan semakin kompleks. Buku ini berisikan beberapa pokok bahasan: definisi berpikir kritis dan bagaimana kita mengasahnya; bahasa penalaran; berbagai pola penalaran; asumsi, konteks, dan peta berpikir; mengklarifikasi dan menginterpretasi pernyataan dan gagasan; akseptabilitas alasan; menilai kredibilitas sumber; mengevaluasi inferensi; penalaran tentang penjelasan sebab-akibat; pengambilan keputusan.


Ketersediaan

12000437160 Fis bTersedia
12000438160 Fis bTersedia
12000439160 Fis bTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
160 Fis b
Penerbit Erlangga : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
247 p. : ilus. ; 27 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
978-979-075-091-3
Klasifikasi
160
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this