Image of Penggunaan metode inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar

Electronic Resource

Penggunaan metode inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains
siswa kelas V SDN Sidomulyo 04 Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. .
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Action Research
Classroom). Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Sidomulyo 04
Ungaran Timur. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
penelitian ini melalui observasi untuk mengukur keterempilan proses sains
siswa.Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil keterampilan proses sains siswa. Indikator keberhasilan dalam
penelitian ini adalah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 73%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode inquiry dapat
meningkatkan hasil keterampilan proses sains siswa. Hasil tersebut ditunjukan
dengan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada setiap siklusnya. pada
siklus pertama keterampilan mengamati sebesar 83%, keterampilan mengukur
sebesar 76%, keterampilan mengklasifikasi sebesar 69%, keterampilan komunikasi
sebesar 72%, keterampilan memprediksi sebesar 62%, dan keterampilan
interferensi sebesar 69%. Pada siklus kedua, pencapaian hasil keterampilan proses
sains siswa meningkat menjadi 93% untuk keterampilan observasi, keterampilan
mengukur sebesar 90%, keterampilan mengklasifikasi sebesar 93%, keterampilan
komunikasi sebesar 93%, keterampilan melakukan prediksi sebesar 83%, dan
keterampilan inferensi sebesar 90%.


Ketersediaan

LP000002378.17Perpustakaan IndukTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
378.17
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1979-9950
Klasifikasi
378.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Intiqad Vol. 8 No. 2 Desember 2016: 16 - 31
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this