Image of Master of structure: bangunan dengan struktur inovatif terkini

Text

Master of structure: bangunan dengan struktur inovatif terkini



Arsitek terkadang mendesain bangunan yang luar biasa, tetapi dalam hal pujian atas inovasi dan kreativitas tersebut, terutama untuk bentuk-bentuk bangunan yang tidak biasa, kontribusi insinyur bangunannya sering kali terlupakan. Buku ini berusaha menyusun beberapa karya insinyur terpenting pada masa kini, sekaligus menyajikan bangunan-bangunan paling mengagumkan.

Bagian pendahuluan menjabarkan berbagai persoalan terkait hubungan arsitek-insinyur, berikut latar belakang sejarah mengenai hal tersebut. Bagian ini juga mengembangkan gagasan bahwa insinyur terlalu sering dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dalam desain arsitektur yang penting. Selain itu, pada bagian ini terdapat pula berbagai tipe struktur yang secara khusus mengasah kemampuan insinyur, seperti monocoque, struktur tegangan, kain, dan struktur membran. Bagian utama buku ini berfokus pada 25 studi kasus proyek yang dikerjakan insinyur di seluruh dunia dan uraian mengenai hubungan insinyur dengan arsitek dalam setiap kasus.

Dalam buku ini, tampak jelas arsitektur yang sangat inovatif hampir tidak mungkin ada tanpa interpretasi insinyur yang memiliki sensibilitas estetika. Berbagai biro dan para insinyur termasyhur di dunia antara lain Ove Arup, Atelier One, Santiago Calatrava, Dewhurst McFarlane, Anthony Hunt Associates, Techniker, dan Buro Happold. Buku ini mengungkapkan proyek-proyek yang paling banyak dibicarakan, seperti Kincir London Eye Millennium, The Eden Project di Cornwall, Stasiun Spandau di Berlin, dan The Tokyo International Forum. Dalam mengeksplorasi kontribusi para insinyur terhadap berbagai bangunan paling inovatif terkini itu, seluruh tipe bangunan diliput, mulai dari paviliun untuk pameran hingga bangunan industri, museum hingga jembatan, taman botani hingga pusat hiburan.


Ketersediaan

11002977Tersedia
11002978Tersedia
11002979690 Lya mPerpustakaan PascasarjanaTersedia - Warehouse
11002980690 Lya mPerpustakaan PascasarjanaTersedia - Warehouse
11002981690 Lya mPerpustakaan PascasarjanaTersedia - Warehouse

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
690 Lya m
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
230 hlm.; ilus.; 26 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
979-769-095-4
Klasifikasi
690
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this