Image of Teologi ekonomi : upaya internalisasi nilai-nilai tauhid dalam aktivitas ekonomi dan bisnis Islam

Text

Teologi ekonomi : upaya internalisasi nilai-nilai tauhid dalam aktivitas ekonomi dan bisnis Islam



Tauhid menempati posisi yang sangat penting dalam diskursus Ekonomi dan Bisnis Islam. Setidaknya Tauhid dapat melahirkan dua kesadaran dalam diri setiap Muslim. Pertama, setiap orang harus menyadari bahwa alam ini merupakan ciptaan Allah Swt. yang diperuntukkan untuk kesejahteraan manusia dan tentu saja Allah sebagai pemilik mutlak. Al-Quran memberikan penjelasan yang sangat tegas bahwa segala sumber daya alam atau dalam bahasa ekonomi disebut dengan faktor-faktor produksi adalah milik Allah Swt. yang bersifat absolut. Sedangkan kepemilikan manusia bersifat relatif. Kedua, motivasi penciptaan manusia ke dunia ini adalah untuk mengabdi kepada Allah dan setiap pengabdian yang dilakukan manusia itu akan dinilai sebagai sebuah ibadah. Pengabdian manusia tidak saja dalam bentuk ibadah, tetapi juga seluruh aktivitas ekonomi dan bisnisnya sepanjang diniatkan dan dimaksudkan untuk mencari ridha Allah Swt. Tentu saja internalisasi kedua kesadaran ini dalam diri Muslim akan memberikan pengaruh pada aktivitas bisnisnya.
Lebih jauh dari itu, dengan memahami Teologi Ekonomi, setiap pelaku ekonomi dan bisnis -seperti apa yang dikatakan Mustaq Ahmad- akan berupaya sekuatnya untuk meniru sifat-sifat Tuhan dan merealisasikannya dalam aktivitas bisnisnya. Kemampuan setiap Muslim untuk menginternalisasikan sifat Tuhan dalam dirinya dan mengaktualisasikannya dalam praktik bisnis akan memberikan keuntungan yang besar. Keuntungan dalam konsep Islam harus mengacu pada dua fase kehidupan manusia di dunia dan di akhirat. Konsep ini tentu berbeda dengan bisnis konvensional yang sangat menekankan keuntungan yang bersifat material dan hanya berorientasi duniawi. Ketika terjadi benturan antara keuntungan yang bersifat duniawi dan ukhrawi, maka keputusan etis harus dijatuhkan pada keuntungan yang bersifat abadi (akhirat). Pada gilirannya, aktivitas bisnis yang dilandasi tauhid ini akan menjadikan pelakunya pribadi-pribadi falah (human falah).


Ketersediaan

16002944297.19785 Tar tPerpustakaan IndukTersedia
16002945297.19785 Tar tPerpustakaan IndukTersedia
16002946297.19785 Tar tRuang PengolahanTersedia
16002947297.19785 Tar tPerpustakaan IndukTersedia
16002948297.19785 Tar tRuang PengolahanTersedia
M4798297.19785 Tar tPerpustakaan PascasarjanaTersedia
M4799297.19785 Tar tPerpustakaan PascasarjanaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297.19785 Tar t
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxx, 242 hlm.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-769-790-7
Klasifikasi
297.19785
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this