Image of Langkah praktis menguasai statistik untuk ilmu sosial dan kesehatan - konsep dan penerapannya menggunakan SPSS

Text

Langkah praktis menguasai statistik untuk ilmu sosial dan kesehatan - konsep dan penerapannya menggunakan SPSS



Buku ini disusun untuk membantu Anda tidak hanya memahami konsep statistik namun juga penerapannya pada SPSS. Anda tidak cukup menguasai konsep statistik saja, karena ketika Anda melakukan penelitian atau tugas akhir, Anda dituntut untuk mengolahnya menggunakan suatu perangkat lunak statistik tertentu. Sebaliknya, tidak cukup hanya bisa menjalankan perangkat lunak statistik tertentu, namun Anda tidak memahami konsep perhitungannya. Keduanya saling melengkapi. Dalam buku ini, Anda tidak hanya akan menguasai konsep statistik namun juga mengoperasikannya pada SPSS, karena buku ini mengupas konsep dan penerapannya secara berdampingan.
Materi buku ini mencakup:
• Apa Itu Statistik yang mengupas: populasi & sampel, sampling, statistik deskriptif & inferen, serta tipe variabel & skala pengukuran. Penerapannya dalam SPSS meliputi: membuka data, menetapkan skala pengukuran pada variabel & menyimpan data serta missing value.
• Distribusi Frekuensi yang mengupas baik untuk data tunggal maupun berkelompok. Penerapannya dalam SPSS: mengurutkan data, mengelompokan data, serta membuat histogram.
• Pemusatan dan Penyebaran Data yang mengupas mean, median & modus (pemusatan data) dan range, varian & standar deviasi (penyebaran data). Penerapannya dalam SPSS: mencari nilai pemusatan, penyebaran, & bentuk suatu distribusi frekuensi, serta membuat range interkuartil dalam grafik boxplot.
• Lebih Lanjut Mengenai Distribusi Normal (termasuk mengupas nilai z dan nilai standar), Statistik Inferen & Standard Error (termasuk mengupas teori central limit & distribusi t), Melakukan Hipotesis (termasuk pengaruh banyak sampel), serta Interval Keyakinan. Penerapannya dalam SPSS: mencari probabilitas komulatif pada distribusi normal, melakukan hipotesis serta mencari interval keyakinan.
• Test Perbandiangan Rata-rata yang mengupas independent samples t test, dependent samples t test, serta one way ANOVA. Penerapannya dalam SPSSjuga mencakup tiga test perbandingan tersebut
• Korelasi yang mengupas baik korelasi Pearson maupun Spearman, serta mengupas koefisien determinasi. Penerapannya dalam SPSS mencakup dua korelasi tersebut.
• Regresi yang mengupas baik regresi linear sederhana maupun berganda, serta penerapannya dalam SPSS.
• Chi Square serta penerapannya dalam SPSS.


Ketersediaan

14001016004.0285 Tri lTersedia
14001017004.0285 Tri lTersedia
14001018004.0285 Tri lTersedia
14001019004.0285 Tri lTersedia
14001020004.0285 Tri lTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
004.0285 Tri l
Penerbit Andi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 196p.; ilus.; 23cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-29-3397-0
Klasifikasi
000
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this