Detail Cantuman
Advanced SearchText
Takhrij Al-hadith dengan komputer: cara mudah mencari hadith dan meneliti kualitasnya
Dalam perkembangannya, pendidikan senantiasa dituntut memperhatikan kesesuaian dan keserasian dengan tuntutan kehidupan. Oleh karena itu, pendidikan harus dikembangkan dengan memperhatika relevansinya dengan Iingkungan hidup peserta didik, perkembangan kehidupan sekarang dan masa datang, perkembangan iimu pengetahuan dan teknologi, perkembangan tuntutan dunia kerja, dan perkembangan masyarakat.
Disamping itu pendidikan harus memperhatikan prinsip efektifitas. Ia harus memperhatikan bagaimana sebagian besar tujuan yang teraplikasikan dalam program itu bisa tercapai. Prinsip ini setidak-tidaknya bisa diukur dengan dua hal: efektifitas mengajar dan efektifitas beIajar. Ia juga harus memperhatikan prinsip efisiensi, yaitu mengusakan agar pendidikan itu terlaksanakan dengan maksimal dengan menggunakan kebutuhan minimal. Prinsip ini selidak-tidaknya bisa diukur dari: efisiensi waktu, efisiensi tenaga, efisiensi peralatan, dan efisiensi biaya.
Dengan telah diciptakannya teknologi Compact Disk (CD) yang berisI kitab-kitab dan ilmu pengetahuan Iainnya ternyata dapat menjembatani kelangkaan kitab-kitab klasik di Indonesia dan mempermudah pencarian maraji (referensi) dan mempermudah kajian. Satu contoh kalau dahulu meneliti kualitas satu hadith biasanya menghabiskan waktu 3 hari sampai dengan 1 bulan bahkan banyak yang menganggap tidak mungkin, sekarang hal itu dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit dengan teknologi ini. Kecenderungan kajian al-Qur’an dan hadith secara tematik pada akhir-akhir ini akan sangat dimudahkan. Dai dan khätib yang harus mempersiapkan materi khutbahnya akan sangat terbantu oleh teknologi ini. Oleh karena itu dirasa perlu ada perubahan metode dengan memanfaatkan fasilitas pendidikan modern yailtu komputer.
Berbagai kemudahan yang didapatkan dengan pemanfaatan teknologi tersebut sejauh pengetahuan kami temyata belum banyak dimanfatkan oleh lembaga pendidikan baik di Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMP, SMA, Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi. Hal ini boleh jadi disebabkan sampainya informasi tentang berbagai kemudahan itu dan belum dimilikinya software itu walaupun beberapa lembaga pendidikan telah lama memiliki hardwarenya berupa komputer.
Ketersediaan
14000573 | 2X2.107 Anw t | Tersedia | |
14000574 | 2X2.107 Anw t | Tersedia | |
14000575 | 2X2.107 Anw t | Tersedia | |
14000576 | 2X2.107 Anw t | Tersedia | |
14000577 | 2X2.107 Anw t | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X2.107 Anw t
|
Penerbit | pustaka pelajar : Yogyakarta., 2011 |
Deskripsi Fisik |
xvi, 195p.; ilus.; 21cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-9033-49-6
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain