Image of Khutbah perdamaian dari islam untuk umat manusia

Text

Khutbah perdamaian dari islam untuk umat manusia



Selain berserah diri (kepada Tuhan) ada makna lain lagi dari kata Islam yang sering dilupakan, yaitu selamat dan damai. Dan ini saja sudah dapat diambil suatu simpulan bahwa Islam adalah agama damai dan, tentu saja, mengajarkan kedamaian. Jadi manakala dicari hubungan antara Islam dan perdamaian, maka dapat dikatakan bahwa Islam itu sendiri adalah perdamaian.
Khutbah perdamaian adalah upaya untuk menggali dan merevitalisasi ajaran-ajaran Islam tentang perdamaian. Khutbah adalah sarana yang efektif untuk memberikan informasi dan pendidikan bagi umat Islam secara umum mengenai aspek-aspek ajaran Islam. Ketika perdamaian menjadi wacana dominan, maka sikap dan perilaku publik akan dinilai dan dievaluasi oleh masyarakat muslim berdasarkan wacana dominan tersebut. Dengan cara itu, revitalisasi ajaran Islam akan berjalan lebih membumi.
Khutbah perdamaian ini adalah bentuk tanggung jawab dari Walisongo Mediation Center (WMC) lAIN Walisongo Semarang untuk turut memberikan sumbangsih bagi masyarakat muslim dan umat manusia melalui penciptaan perdamaian (peace building). Umat Islam saat ini mewakili seperlima penduduk dunia sehingga bisa dibayangkan kalau satu dari lima orang di dunia mengkampanyekan perdamaian, maka dampaknya akan sangat nyata bagi kehidupan penduduk bumi. Walisongo Mediation Center menyadari potensi besar umat Islam untuk ikut mewujudkan perdamaian dunia melalui kapasitas masing-masing untuk mendorong perdamaian terealisir. Oleh karena itu, khutbah perdamaian ini disusun sebagai bagian dari kegiatan WMC untuk mengarusutamakan nilai-nilai perdamaian dalam masyarakat muslim.


Ketersediaan

14000553297.37 Fan kRuang PengolahanTersedia
14000554297.37 Fan kRuang PengolahanTersedia
14000555297.37 Fan kPerpustakaan IndukTersedia
14000556297.37 Fan kPerpustakaan IndukTersedia
14000557297.37 Fan kPerpustakaan IndukTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297.37 Fan k
Penerbit pustaka pelajar : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 108p.;21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-229-126-8
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this